Sepeda motor adalah alat transportasi beroda dua dengan menggunakan tenaga mesin berbahan bakar bensin. Ada beberapa orang yang diakui sebagai penemu sepeda motor, diantaranya yaitu Ernest Michaux (Perancis), Edward Butler (Inggris), dan Gottlieb Daimler (Jerman). Namun pada tahun 1885 Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach, berhasil menjadi perakit motor pertama kalinya yang diakui di dunia.
Pada era selanjutnya ditemukan/dibuatlah sepeda motor dengan berbagai merk, salah satunya merk terkenal dari Jepan yaitu merk Honda. Soichiro Honda ( Honda Sō’ichirō, 17 November 1906–5 Agustus 1991) adalah seorang industrialis Jepang yang dilahirkan di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang.
Honda menghabiskan masa kecilnya membantu ayahnya dalam bisnis reparasi sepeda. Pada saat 15 tahun, tanpa pendidikan formal, Honda pindah ke Tokyo untuk mencari kerja. Dia bekerja magang di sebuah bengkel pada 1922, dan setelah mempertimbangkan pekerjaannya, ia tetap bekerja di sana selama enam tahun lagi sebelum kembali ke kampung halamannya untuk memulai usaha reparasi mobilnya pada 1928 dalam usia 22 tahun.
Honda menyukai balapan otomotif dan menciptakan rekor kecepatan pada 1936. Dia kemudian mengalami cedera dalam sebuah kecelakaan yang parah – tulangnya patah termasuk di kedua pergelangan tangannya – dan berhasil dibujuk istrinya untuk berhenti membalap. Honda lalu berkonsentrasi pada usahanya, dan pada 1937 dia pindah ke pembuatan cincin-piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS,Tokai Seiki Heavy Industry). Pada 1948 dia menjual IBTS kepada Toyota seharga 450.000 yen (kira-kira sama dengan 1 juta dolar AS jika diukur pada tahun 2003).
Pada 1948 Honda memulai produksi sepeda motor sebagai presiden Honda Corporation. Honda mengubah perusahaan tersebut menjadi sebuah perusahaan multinasional berharga milyaran yang memproduksi sepeda motor terlaris di dunia. Rekayasa mesin Honda yang sangat baik dan pemasaran yang pintar membuat Honda berhasil melebihi penjualan sepeda motor Triumph dan Harley-Davidson di pasaran lokal mereka masing-masing.
Honda tetap menjabat presiden perusahaan hingga dia pensiun pada 1973, kemudian tinggal sebagai direktur dan diangkat sebagai “penasehat tertinggi” pada 1983. Setelah pensiun Honda menyibukkan dirinya dengan pekerjaan yang berhubungan dengan Yayasan Honda. Dia meninggal pada 1991 karena gagal lever.
Sepeda motor mempunyai bagian-bagian dan mempunyai fungsi masing-masing. Diantara bagian utama dan fungsi sepeda motor tersebut yaitu, setang, mesin, jock, lampu,roda.
Setang atau setir yang terletak dibagian depan berfungsi sebagai alat untuk mengontrol sepeda belok kanan, kiri. Dengan dilengkapi pula alat pengontrol kecepatan sepeda motor.
Mesin yang terdiri dari bebagai komponen merupakan penggerak utama sepeda motor, pada mesin inilah proses pergerakkan motor dengan bahan bakar dilakukan, tanpa mesin ini sepeda motor hanya akan seperti sepeda.
Jock atau bangku tempat dudukan yang terbuat dari bahan lunak dan empuk adalah tempat pengendara agar duduk nyaman, bangku ini bisa ditempati untuk 2 orang dewasa saja, atau terkadang untuk mengangkut barang.
Roda berbentuk bulat yang disertai ban berbahan karet berfungsi sebagai alat menggerakkan motor yang terhubung dengan mesin melalui rantai dan gir.
Lampu motor biasa ada dibagian depan dan belakang, merupakan alat penerangan bermotor ketika malam hari tiba.
Seiring semakin majunya jaman maka banyak dibuat sepeda motor yang sesuai dengan perkambangan jaman, motor yang lebih hemat bahan bakar, kecepatan tinggi, desain yang lebih cantik serta ramah lingkungan.
Pada era selanjutnya ditemukan/dibuatlah sepeda motor dengan berbagai merk, salah satunya merk terkenal dari Jepan yaitu merk Honda. Soichiro Honda ( Honda Sō’ichirō, 17 November 1906–5 Agustus 1991) adalah seorang industrialis Jepang yang dilahirkan di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang.
Honda menghabiskan masa kecilnya membantu ayahnya dalam bisnis reparasi sepeda. Pada saat 15 tahun, tanpa pendidikan formal, Honda pindah ke Tokyo untuk mencari kerja. Dia bekerja magang di sebuah bengkel pada 1922, dan setelah mempertimbangkan pekerjaannya, ia tetap bekerja di sana selama enam tahun lagi sebelum kembali ke kampung halamannya untuk memulai usaha reparasi mobilnya pada 1928 dalam usia 22 tahun.
Honda menyukai balapan otomotif dan menciptakan rekor kecepatan pada 1936. Dia kemudian mengalami cedera dalam sebuah kecelakaan yang parah – tulangnya patah termasuk di kedua pergelangan tangannya – dan berhasil dibujuk istrinya untuk berhenti membalap. Honda lalu berkonsentrasi pada usahanya, dan pada 1937 dia pindah ke pembuatan cincin-piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS,Tokai Seiki Heavy Industry). Pada 1948 dia menjual IBTS kepada Toyota seharga 450.000 yen (kira-kira sama dengan 1 juta dolar AS jika diukur pada tahun 2003).
Pada 1948 Honda memulai produksi sepeda motor sebagai presiden Honda Corporation. Honda mengubah perusahaan tersebut menjadi sebuah perusahaan multinasional berharga milyaran yang memproduksi sepeda motor terlaris di dunia. Rekayasa mesin Honda yang sangat baik dan pemasaran yang pintar membuat Honda berhasil melebihi penjualan sepeda motor Triumph dan Harley-Davidson di pasaran lokal mereka masing-masing.
Honda tetap menjabat presiden perusahaan hingga dia pensiun pada 1973, kemudian tinggal sebagai direktur dan diangkat sebagai “penasehat tertinggi” pada 1983. Setelah pensiun Honda menyibukkan dirinya dengan pekerjaan yang berhubungan dengan Yayasan Honda. Dia meninggal pada 1991 karena gagal lever.
Sepeda motor mempunyai bagian-bagian dan mempunyai fungsi masing-masing. Diantara bagian utama dan fungsi sepeda motor tersebut yaitu, setang, mesin, jock, lampu,roda.
Setang atau setir yang terletak dibagian depan berfungsi sebagai alat untuk mengontrol sepeda belok kanan, kiri. Dengan dilengkapi pula alat pengontrol kecepatan sepeda motor.
Mesin yang terdiri dari bebagai komponen merupakan penggerak utama sepeda motor, pada mesin inilah proses pergerakkan motor dengan bahan bakar dilakukan, tanpa mesin ini sepeda motor hanya akan seperti sepeda.
Jock atau bangku tempat dudukan yang terbuat dari bahan lunak dan empuk adalah tempat pengendara agar duduk nyaman, bangku ini bisa ditempati untuk 2 orang dewasa saja, atau terkadang untuk mengangkut barang.
Roda berbentuk bulat yang disertai ban berbahan karet berfungsi sebagai alat menggerakkan motor yang terhubung dengan mesin melalui rantai dan gir.
Lampu motor biasa ada dibagian depan dan belakang, merupakan alat penerangan bermotor ketika malam hari tiba.
Seiring semakin majunya jaman maka banyak dibuat sepeda motor yang sesuai dengan perkambangan jaman, motor yang lebih hemat bahan bakar, kecepatan tinggi, desain yang lebih cantik serta ramah lingkungan.
0 komentar:
Posting Komentar